Album Kenangan 李中南

Selamat datang di website Mengenang Almarhum Lie Tiong Lam “懷念李中南先賢 "

Kamis, 09 Januari 2014

3 Taoshe Dari Tiongkok Pimpin Doa Mengantar Janazah

JAMBI - Sejak pagi Rumah Duka Perkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) di Jalan Untung Suropati (Puncak) Kelurahan Jelutung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi (9/1) sudah ramai, kedatangan masyarakat pagi itu untuk melihat prosesi sembahyang Suan Keng (doa) yang pertama kali dilakukan Taoshe dari Tiongkok sembari untuk mengantar jenazah almarhum Lie Tiong Lam ke tempat peristirahatan terakhir.
Pukul 08.20 prosesi diawali Suan Keng (doa) dimulai, dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Lim Tek Chong Taoshe (Pembina Khonghucu Jambi) dan disampingi oleh dua Taoshe yang sengaja di undang langsung dari Tiongkok (China). Selain itu ada dua rohaniawan yang memainkan alat musik gendang dan terompet.

Upacara dipimpin oleh Lim Tek Chong Taoshe dibantu beberapa asisten yang sengaja didatangkan dari China. Prosesi Suan Keng merupakan kali pertama dilakukan masyarakat Jambi untuk memberikan doa kepada orang meninggal, kalau Suan Keng sudah umum di lakukan di China.

“Sebelumnya tidak pernah ada ritual Suan Keng yang dipimpin langsung oleh tiga Sai Kong dari Tiongkok, Cina, ujar The Lien Teng, rohaniawan Konghucu Jambi yang ikut mengiringi ketiga Sai Kong melaksanakan sembahyang.

“Pihak keluarga sengaja mengundang para Taoshe dari Tiongkok karena tidak semua orang memiliki kemampuan seperti mereka dalam memimpin doa menjelang pemakaman. Inipun memiliki makna bagi anggota keluarga yang ditinggalkan. Semoga dengan upacara ini, arwah beliau bisa merasakan hidup berbahagia di alamnya nanti,”tambah Js. The Lien Teng. (Romy)
* www.ayojambi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar